Komputer dan perangkat elektronik digunakan untuk kontrol pengoperasian mesin. Dan karena kontrol ini, di masa kini mobil amatlah hemat dalam penggunaan bahan bakar, performa lebih baik, dan gas buang yang mengandung lebih sedikit zat berbahaya. Kontrol elektronik juga digunakan pada hampir semua sistem pada mobil. Elektronik berbasis kepada kelistrikan, dan kelistrikan berberak dengan kecepatan cahaya. Ini berarti, pengoperasian dari berbagai sistem dapat terpantau dan berubah bergerak dengan cepat. Komponen elektronik tidak memiliki part/komponen yang bergerak, tahan lama, tidak membutuhkan penyetelan periodik, dan juga sangatlah ringan. Semua hal ini memungkinkan mobil menjadi lebih efisien, lebih ramah lingkungan, lebih nyaman, dan juga performa yang lebih baik dibandingkan dengan mobil pada masa-masa terdahulu.
Pengaplikasian elektronik pada mobil juga mendorong berkembangnya teknologi kendaraan/mobil hybrid. Mobil hybrid memiliki dua sumber daya terpisah. Kedua sumber daya tersebut dapat bekerja bersamaan untuk menggerakkan kendaraan atau memberikan daya bagi kendaraan. Di masa kini, mobil hybrid digerakkan dengan motor listrik dan/atau motor bakar otto (Mesin Bensin). Kendaraan hybrid adalah mesin yang kompleks, dan siapapun yang bekerja pada kendaraan ini haruslah benar-benar terlatih.
Desain mobil terkini juga dipengaruhi oleh peraturan pemerintah. Sepanjang sejarah, perusahaan produksi mobil diharuskan memproduksi kendaraan yang nyaman dan juga ramah lingkungan. Dalam respon terhadap peraturan ini, maka diperkenalkan komponen dan sistem baru. Siapa saja yang berharap menjadi teknisi yang handal haruslah terus meng-update pengetahuan dan skill yang dimilikinya untuk terus sejalan dan memahami teknologi pada otomotif.
Peraturan pemerintah tidak hanya mempengaruhi desain dari motor otto, tetapi juga motor diesel bagi kendaraan penumpang. Dengan mandat bahan bakar diesel yang lebih bersih, peraturan ini membuka dan mendorong untuk motor diesel agar menghasilkan pembakaran sempurna dan efisiensi tinggi. Dan motor diesel pun terintegrasi dengan kontrol elektronik.
Banyak negara menyaratkan pemilik kendaraan agar menjalani pengujian emisi. Beberapa negara juga menyaratkan mobil untuk melakukan perawatan berkala. Dan di masa kini, teknisi otomotif diharuskan mampu menemukan penyebab dari kegagalan fungsi tersebut dan juga memperbaikinya.
0 Response to "Kemampuan Wajib bagi Teknisi Otomotif"
Posting Komentar