Apa itu Secondary Inertia Forces? Mengapa dalam sebuah motor terdapat Secondary Inertia Forces? Bagaimana cara menghilangkannya?
Video ini menjelaskan tentang Gaya Kelembamban Sekunder (Secondary Inertia Forces).
Ketika engkol bergerak 90 derajat dari titik mati atas (TMA) dalam motor silinder tunggal yang diposisikan tegak, posisi naik turun bigend tepat pada titik setengah jalan langkah torak, tapi connecting rod berada pada posisi yang paling miring, dan sudut kemiringan ini membuat posisi small-end lebih rendah dari titik setengah jalan dalam langkahnya.
Karena posisi small-end lebih rendah dari titik setengah jalan langkah torak pada 90 derajat dan pada 270 derajat setelah TMA, torak bergerak dengan jarak lebih pendek bila engkol berputar dari 90 derajat sampai 270 derajat setelah TMA daripada selama rotasi engkol dari 90 derajat sebelum TMA ke 90 derajat setelah TMA. Dengan kata lain, piston harus menempuh jarak yang lebih jauh dalam gerakan timbal balik pada bagian atas rotasi engkol dari pada bagian bawah.
Dengan asumsi kecepatan rotasi engkol konstan, ini berarti gerakan naik turun dari torak lebih cepat pada bagian atas dari pada bagian bawah rotasi engkol. Akibatnya, gaya kelembaman/inersia yang diciptakan oleh massa piston (akselerasi dan deselerasi) lebih kuat di bagian atas rotasi engkol dari pada bagian bawah.
Related Posts :
Cara Kerja Tutup Radiator dan Coolant/AntifreezeVideo ini menjelaskan tentang Cara Kerja Tutup Radiator dan Coolant/Antifreeze, pembasan meliputi cara kerja Relief Valve dan Vacuum Valve, … Read More...
Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Sistem Bahan Bakar pada Mobil Video ini menjelaskan tentang Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Sistem Bahan Bakar pada Mobil, pembahasan mencakup tiap komponen yaitu Tangki… Read More...
Penjelasan Keseimbangan Motor/Mesin: Gaya Kelembamban Primer (Primary Inertia Forces) Keseimbangan Primer, "first order" atau "first harmonic" adalah istilah untuk menunjukkan keseimbangan item/komponen yang bisa mengguncang m… Read More...
Definisi, Tipe, dan Karakteristik Lubang Silinder dan Langkah Torak pada Motor (Engine)Mesin dapat diklasifikasikan dalam 3 tipe oleh perbandingan diameter lubang silinder (cylinder bore) dengan langkah torak. Yaitu Long-stroke… Read More...
Penjelasan Keseimbangan Motor/Mesin: Gaya Kelembamban Sekunder (Secondary Inertia Forces)Apa itu Secondary Inertia Forces? Mengapa dalam sebuah motor terdapat Secondary Inertia Forces? Bagaimana cara menghilangkannya?Video ini me… Read More...
0 Response to "Penjelasan Keseimbangan Motor/Mesin: Gaya Kelembamban Sekunder (Secondary Inertia Forces)"
Posting Komentar